Pages

Monday, February 25, 2013

Pengenalan C++ (Menampilkan suatu kata)

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sudah dikenal oleh mahasiswa teknik. Beberapa program studi yang paling mungkin mempelajari C++ adalah Teknik Informatika (TI). Namun selain program studi TI juga masih berkemungkinan mempelajarinya.

Langsung saja, untuk awalan dan pengenalan program C++, kita mulai dengan membuat program sederhana. Program ini untuk menampilkan suatu kalimat yang sudah kita tentukan sendiri.
Untuk mengawali program yang akan kita buat, yang kita butuhkan adalah fungsi main() kemudian dilanjutkan program yang akan kita buat. Fungsi main() menjadi fungsi standar para suatu program yang akan dibuat pada C++. Tanpa fungsi ini program pastinya tidak akan berjalan alias error.
Setelah fungsi main, program ditulis diantara dua tanda kurung kurawal( {} ), satu di awal program dan satu diakhir program.
Misal saja kita buat program dasar untuk meampilkan suatu kata/kalimat yang kita tentukan, makan fungsi cout<<"...."; yang akan digunakan. Fungsi cout sendiri gunanya untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada layar C++ di dalam fungsi cout itu sendiri misalnya seperti ini :
cout<<"Belajar C++";
Itu artinya kita akan menampilkan "Belajar C++" pada saat program dijalankan (Running). Inget, setiap akhir suatu baris dalam pembuatan program di C++, diakhiri dengan tanda titik koma ( ; )
Sip, Programnya udah jadi.... Husss.... Belum! ntar dulu.
Fungsi cout tidak akan jalan jika kita tidak menggunakan fileheader iostream. Apa lagi nih? Fileheader merupakan paket suatu program yang fungsinya menjalankan fungsi tertentu pada C++. Misal fungsi cout itu akan dapat dijalankan jika terdapat fileheader iostream.h. kemudian untuk memasukkan fileheader itu sendiri perlu suatu perintah masukan yaitu #include <(fileheader).h> contohnya :
#include <iostream.h>
Nah, fileheader ini diletakkan sebelum fungsi main atau bagian paling atas suatu scrip program di C++.
OK, sampai sini, kita sudah dapat beberapa fungsi dan komponen program. Dari penjelasan yang ada, kita susun programnya menjadi seperti ini :

#include <iostream.h>
main()
{
cout<<"Belajar C++";
}

OK, Sekarang program sudah bisa dijalankan. Silahkan dicoba, jika tidak ada error program akan langsung bisa tampil sekejap.
Selamat Mencoba :)

untuk referensi lain dapat dilihat di blog 42m1 Ngampus.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About