Pages

Thursday, February 7, 2013

Obat Rumahan Redakan Iritasi Kulit

Surat Kabar METEOR, Kamis 27 Oktober 2011

Beberapa iritasi kulit yang paing sering adalah disebabkan oleh paparan parfum, deterjen, obat pembersih rumah tangga, sabun, suhu panas atau dingin yang extrim, kain sintesis dan pewarna.
Selain itu iritasi juga dapat disebabkan oleh bahan kimia yang ditemikan dalam kosmetik, produk rambut, dan perhiasan produk lateks, karet, beberapa jenis tanaman, sengatan dan gigitan serangga, dan bahkan bulu dari hewan peliharaan.
Ruam kulit juga dapat disebabkan oleh stress, perubahan hormon, dan kondisi kilut seperti jerawat dan eksim.

Kebanyakan jenis iritasi dapat diobati dengan pengobatan rumah untuk iritasi kulit. Seperti dikutip dari HealtAricles, Senin (24/10/11), beberapa tindakan dan pengobatan yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan iritasi kulit, antara lain:

Mengompres Dinding Kulit Iritasi
Hal tersebut dapat efektif untuk meredakan pembengkakan dan nyeri. Rendam kain dalam air dingin dan menaruh kain tersebut di atas kulit yang teriritasi. Jika tidak, tutup kantong es dengan handuk dan menggunakannya sebagai kompres dingin.

Baking Soda
Baking soda merupakan obat rumah yang efektif untuk iritas. Buatlah pasta soda kue dengan menggabungkan baking soda atau soda kue dengan sedikit air. Kemudian pasta tersebut dapat dioleskan pada daerah iritasi. Baking soda yang direndam di dalam bak mandi dapat membantu meringankan iritasi kulit. Hindari mandi air panas dan mandi terlalu lama. Anda harus berhati-hati untuk tidak menggaruk daerah kulit yang teriritasi.

Oatmeal untuk mandi
Jika mengalami peradangan dan gatal-gatal, oatmeal dapat digunakan untuk mandi. Dua cangkir oatmeaol digiing hingga menjadi bubuk halus dan menambahkannya ke air mandi hangat. Juga dapat ditambahkan beberapa susu pada air hangat untuk mandi. Rendam bagian kulit yang mengalami peradangan dan gatal-gatal dalam bak mandi tersebut setidaknya 20 menit.

Gel Lidah Buaya
Cara lain untuk meredakan iritasi adalah untuk mengoleskan gel lidah buaya ke daerah kulit yang teriritasi. Hal tersebut dapat mengurangi kemerahan, bengkak dan gatal.

Sari Apel
Sari apel dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumah untuk iritasi kulit yang disebabkan oleh terbakar sinar matahari, pisau cukur dan ruam. Usapkan sari apel langsung ke daerah kulit yang sedang iritasi dengan kapas. Harus dilakukan beberapa kali sehari.

Chamomile
Minyak esensial chamomile dan larutan chamomile adalah solusi pengobatan rumah yang baik untuk iritasi kulit. Gosokkan minyak chamomile esensial langsung pada daerah yang terkena iritasi. Jika ingin menggunakan larutan chamomile, dapat dibuat dari sejumlah chamomile, kemudian setelah dibiarkan dingin, dapat dioleskan pada kulit yang teriritasi.

Campuran Madu Kayu Manis
Campuran madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit. Campurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan bubuk kayu manis dapat untuk membuat pasta. Gosokkan pasta tersebut ke daerah kulit yang teriritasi. Kemudian bagian kulit tersebut dicuci setelah pasta mengering.

Campuran Madu Telur
Campuran ini dapat digunakan sebagai makser pada wajah untuk meredakan iritasi pada daerah wajah. Biarakan di sana selama 10 menit kemudian cuci muka. Hal tersebut merupakan obat alami yang baik untuk iritasi wajah.

Mentimun
Mentimun merupakan salah satu pengobatan rumah yang direkomendasikan untuk iritasi kulit. Tempatkan irisan mentimun pada daerah kulit yang mengalami iritasi. Tambahkan 6 sendok makan minyak vitamin E dan 2 sendok makan juas lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut pada daerah kulit yang mengalami iritasi. Biarkan berada di kulit selama sekitar 15 menit. Kemudian bilas daerah tersebut dengan air dingin. (dot)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About