Pages

Thursday, February 7, 2013

Kapulaga Herbal


KURANGI CAPEK-CAPEK
Sehat Cara Herbal
Oleh : Drs. Slamet TW (Pakar Herbal), Surat Kabar Meteor, Kamis, 27 Oktober 2011

Kapulaga (Amomum cardamomum) selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan juga lebih banyak digunakan untuk campuran jamu. Di beberapa daerah Kapulaga dikenal dengan nama Kapol, Palago, Karkolaka, dan lain-lain.
Tanaman Kapulaga merupakan tanaman herbal yang awalnya memang hidup liar, namun kini dibudidayakan sebagai tanaman rempah.
Selain untuk kuliner dan industri farmasi, Kapulaga juga merupakan bahan minyak atsiri dan oleoresin. Kapulaga mengandung minyak atsiri, sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpilin asetat, dan kersik. Dari kandungan tersebut, Kapulaga memiliki khasiat diantaranya sebagai obat batuk, mencegah tulang keropos, serta menambah stamina.

Untuk menambah stamina, khasiat Kapulaga akan lebih terasa jika diramu dengan madu dan herbal sambung nyowo. Campuran Kapulaga, madu dan herbal sambung nyowo cocok untuk penderita capek-capek, sering kesemutan, dan pegal-pegal. Sebab, kandungan zat-zat bermanfaat dari Kapulaga diperlengkap dengan madu dan herbal sambung nyowo yang kandungannya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, Kapulaga yang memiliki aroma sedap sehingga orang Inggris menyanjungnya sebagai grains of paradise. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada Kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu borneol (suatu terpena) yang berbau kamper seperti yang tercium dalam getah pohon kamper. (rep)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About