Pages

Tuesday, February 19, 2013

Gladi Mental dan Makrab Organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang dari suatu instansi atau kelompok mandiri yang dibuat untuk tujuan yang sama. Dikatakan suatu organisasi jika dalam satu kelompok tersebut memiliki beberapa pengurus seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara serta bisa dimungkinkan beberapa Koordinator bidang atau yang dikenal dengan seksi-seksi.
Sedangkan Gladi Mental dalam suatu organisasi biasanya diadakan pada organisasi yang tujuan utamanya membentuk mental para anggotanya. Seperti halnya pada organisasi kepramukaan, organisasi keamanan suatu wilayah ataupun organisasi yang lain. Gladi mental sendiri adalah kegiatan untuk membentuk mental yang kuat dan tahan dari berbagai kecaman dan cobaan yang mungkin akan ditemui dalam menjalankan suatu organisasi.
Pada suatu organisasi biasanya mengadakan suatu program kerja atau kegiatan untuk mengakrabkan anggotanya, khususnya anggota baru (calon anggota) organisasi tersebut. "Makrab" adalah sebutan untuk Malam Keakraban untuk anggota baru suatu organisasi dimana dalam kegiatan tersebut salah satu acara intinya adalah perkenalan. Tentunya, dalam acara perkenalan masing-masing dari mereka mengenalkan diri satu persatu dan biasanya diselengi dengan saling bercanda satu sama lain agar suasana akrab dapat terasa.

Kemudian, apa hubungannya Makrab dengan Gladi Mental?

Jika dilihat dari tujuan, keduanya dapat dikatakan berbeda, namun dalam pelaksanaannya ada suatu organisasi yang mengadakan dua acara tersebut menjadi satu kegiatan. Dan jika dicermati, gladi mental juga memiliki tujuan untuk keakraban bahkan dapat menumbuhkan kerjasama antar anggota. Berbeda dengan makrab yang hanya cenderung pada keakraban dan kegiatan yang ada tidak ditekankan untuk kerjasama. Dalam artian kerjasama hanya ditumbuhkan dari diri masing-masing individu dan jika mungkin ada yaitu dengan diadakannya outbond atau permainan yang sifatnya lebih menyenangkan dan terlihat santai.
Memang tidak semua organisasi menggabungkan dua acara tersebut dalam satu kegiatan atau bahkan meniadakan acara gladi.

Kemudian, bagaimana jika keduanya digabungkan?

Seperti yang disinggung di atas, tidak semua organisasi menggabungkan kedua acara tersebut, namun ada beberapa organisasi yang cenderung memiliki tujuan penekanan kerjasama, dan keakraban bahkan untuk tujuan kedisiplinan, akan menggabungkan kedua acara yang ada (Gladi Mental dan Makrab). Karena Gladi Mental juga lebih menekankan kedisiplinan pada setiap kerjasama yang ada.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About