Harga Tiket Kereta Ekonomi Turun

No comments
Harga tiket kereta api (KA) yang sempat menggemparkan masyarakat, khususnya masyarakat kalangan menengah ke bawah karena mengalami kenaikan harga yang dirasa sangat besar, mulai september 2013 dikabarkan turun. Harga tiket yang sempat naik menjadi 3x lipat dari harga lama akan diturunkan setelah ditandatanganinya kotrak PSO.


“Dengan telah ditandatanganinya kontrak itu, penumpang KA kelas ekonomi kembali akan mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui mekanisme PSO, sehingga mereka hanya akan membayar harga tarif dasar dikurangi subsidi tarif yang diberikan  pemerintah,” kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) V Purwokerto, Surono.

Menurutnya penurunan harga tiket KA ekonomi itu bervariasi antara 30%-50% dari harga tiket yang berlaku saat ini, tergantung jarak tempuh masing-masing KA tersebut.

“Tarif setelah adanya penurunan harga ini akan tetap diberlakukan 1 tarif untuk semua tujuan atau tarif OD (Original Destination), sama seperti yang berlaku saat ini,” tuturnya.

Dia memaparkan besaran tarif semua tujuan  akan sama, yakni dari stasiun awal pemberangkatan KA hingga stasiun akhir jurusan KA.

“Misalnya untuk KA Logawa, penumpang dari Purwokerto tujuan Lempuyangan harganya sama dengan penumpang dari Purwokerto tujuan Jember (stasiun tujuan akhir),” ujarnya.

Sementara, untuk harga tiket KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember pp akan turun dari saat ini sebesar Rp100.000 menjadi Rp50.000, KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo- Pasar Senen pp turun dari Rp70.000 menjadi Rp40.000, KA Serayu jurusan Kroya-Jakarta (lewat Bandung pp)  turun dari Rp60.000 menjadi Rp35.000, dan KA Kutojaya Selatan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong pp turun dari Rp50.000 menjadi Rp35.000.
Surono menambahkan, untuk KA Progo jurusan Lempuyangan-Pasar Senen pp dan KA Bengawan jurusan Solo-Pasar Senen pp harga tiketnya akan turun dari saat ini sebesar Rp90.000 menjadi Rp50.000.
KA Gaya Baru Malam jurusan Jakarta-Surabaya pp harga tiketnya turun 50% dari Rp110.000 menjadi Rp55.000, KA Kahuripan jurusan Kiaracondong-Kediri pp harga tiketnya juga turun 50% dari Rp100.000 menjadi Rp50.000, serta KA Pasundan jurusan Kiaracondong-Surabaya pp harga tiketnya akan turun dari Rp100.000 menjadi hanya Rp55.000.
 
“Disamping mendapatkan harga yang murah, dengan adanya penurunan harga tiket ini penumpang KA kelas ekonomi juga tetap akan mendapatkan fasilitas penyejuk udara (ac), bebas asap rokok dan fasilitas toilet yang bersih,” tuturnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penurunan harga tiket KA kelas ekonomi itu, masyarakat kecil juga akan tetap bisa menikmati transporasi KA dengan harga terjangkau dan fasilitas pelayanan yang lebih baik.

Tiket KA ekonomi dengan harga baru tersebut mulai dapat dipesan 5 Juli untuk keberangkatan mulai tanggal 1 September 2013 di seluruh outlet penjualan tiket kereta api seperti biasa.


~ 42m1 ~ dari berbagai sumber

No comments :

Post a Comment