Pages

Monday, September 30, 2013

TIPS: Makan Teratur Tubuh Tetap Langsing

Jakarta - Untuk menurunkan berat badan bukan berarti harus mengurangi jumlah makanan. Dengan perencanaan teratur, pola makan justru membuat berat badan menjadi turun, tubuh lebih bugar dan sehat.
Jam makan yang teratur menjadi kunci sukses menurunkan berat badan. Seperti yang direkomendasikan www.shape.com (4/9), berikut ini pola makan yang bisa diterapkan.


1. Sarapan 07.30 WIB
Sarapan adalah waktu makan terpenting yang tidak boeh terlewatkan. Bisa dilakukan sebelum pukul 07.30 WIB (pagi hari), dan pilih menu sarapan yang kaya protein. Jika dimakan tepat waktu, Anda  akan terbebas dari rasa lapar selama beberapa jam.

2. Camilan pagi pukul 10.30 WIB
Menjelang makan siang, perut juga akan terasa sedikit lapar. Karena itu perlu  mengemil buah potong dan camilan kaya protein seperti biskuit gandum, jus buah dan/ atau jus sayuran. Namun perlu diingat, jumlah tidak boleh berlebihan.

3. Makan siang 12.00 WIB
Jam makan siang umumnya dilakukan pada pukul 12.00 WIB. Andapun bisa memilih menu makanan sehat seperti salad, yang berisi bayam, selada, keju, bit dan beberapa potong daging sapi atau daging ayam tanpa kulit. Bisa juga mengkonsumsi nasi, lengkap dengan lauk-pauknya.

4. Camilan sore 15.00-16.00 WIB
MEnjelang sore, tubuh harus tetap mendapatka asupan energi. Karena itu diwajibkan untuk menikmati kudapan sore hari. Jenisnya tergantung selera, bisa segenggam kacang, sebutir apel atau jus buah tanpa gula dan susu.

5. Makan malam 18.30 WIB
Jika tak ingin bertambah gemuk, makan malam  pukul 18.30 WIB. Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya protein dan kaya serat, seperti tahu, tempe, ikan, daging sapi dan daging ayam.  Selain itu sertakan juga aneka sayuran dan buah-buahan.

6. Snack malam 20.30 WIB
Untuk Anda yang masih lapar, masih bisa menyantap  camilan malam pukul 20.30 WIB. Namun hindari makanan bergula yang bisa mengganggu waktu tida=ur. Pilihlah jenis camilan sehat seperti kacang-kacangan.
(detik healt)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About