Pages

Friday, December 7, 2012

Selamat Datang

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Para pembaca. Sebelumnya saya perkenalkan blog saya, keteguhanhati1.blogspot.com, blog dari 42m1's bLog ini akan menjadi blog utama dari 42m1's bLog yang diantaranya :
Blog pertama saya, Brebesku, KomTIK, RailFans, Cahkampus, Saananesaolihe, dan lain-lain. Masing-masing membahas mengenai suatu hal/ pembahasan tersendiri dan semuanya saling melengkapi jika memang postingannya sama.
Tunggu saja postingan-postingan dari Saya. Salam kenal dari Saya, Azmi.

Semoga Bermanfaat.

STASIUN KETANGGUNGAN

Blog ini aku awali ama tulisan dari salah satu blogku nich, yang mbahas tentang Perkeretaapian.
Dimulai dari stasiun satu ini dulu dech ya. Maklum, stasiun yang paling deket rumah dan emang aku dulu sering diajak ke sini, ya... sekedar main-main sambil nunggu sore aja. Biasanya sih pas bulan puasa, sama kakak ato ama bapak. Itu jama dulu, yah, waktu kereta masih jaman-jaman catnya warna biru ama merah. Sayangnya, pas lagi main di stasiun kayaknya emang belum pernah ada kereta yang brenti. Kaga taulah kenapa.
OK, udah jelas tuh di judul nama stasiunnya. Stasiun Ketanggungan, ketinggian 15 meter dari permukaan laut. Letaknya di sebelah barat pasar Ketanggungan, masuk Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Stasiun ini dibilang lumayan jauh dari jalan utama ato jalan gede. Cuma bisa lewat jalan desa ato jalan pasar yang lumayan lah baru bisa nyampe. Dari jalan alternatif Pejagan-Prupuk yang mbelok di Pertigaan Masjid Jami Ketanggungan, kira-kira letaknya 1 km. Owh iya, stasiun ini termasuk di jalur selatan. Masuk di Daerah Operasi (Daop 3 Cirebon), Letaknya antara stasiun Larangan (sebelah timur) dan stasiun Ketanggungan Barat (sebelah barat), dan masuk petak Cirebon - Prupuk, Lintas Cirebon Kroya. (so tau dikit, padahal baru tau sekitar 2 tahun lalu (taun 2010-an), hehehe...)
Di stasiun Ketanggungan ini ada dua jalur aktif dan satu jalur buntu, jalur satu itu yang jalur lengkung, ato bisa dibilang jalur yang buat berhentinya kereta, kalo jalur dua itu jalur lurus buat lewatnya kereta yang ga sempet mampir (emang ga ada jadwal buat berenti disitu soalnya). Dari dulu sih aku ga terlalu perhatiin banget tuh stasiun, biasa anak kecil, sekedar main aja deket rel dan sekitar stasiun. Aku perhatiin sih bangunannya juga sama kaya gitu aja ga banyak perubahan, paling dikit-dikit aja perubahannya sih, kaya di plester ulang temboknya yang udah bolong, trus juga di kramik. Sebelumnya juga di pojok utara sebelah timur ada alat kaya timbangan barang, tapi ga tau sekarang kemana tuh disimpennya.
Owh iya, lupa belum ngasih info buat jalur buntu tadi. Nah, jalur buntu tuh biasanya buat nyimpen kereta kuning, yaa... bisa dibilang kereta penolong. Kalo aku sih dari dulu kenalnya "Liyer" ga tau tuh dari mana nama gituan.
Dari segi bangunan, ... (baca lebih lengkap di rf-amatir :D )
 

Blogger news

Blogroll

About